Jumat, 18 Agustus 2017

Pisang Cavendish Sunpride, Buah Favouriteku




Dari semenjak kecil dulu, aku suka sekali makan pisang. Hampir setiap hari tak pernah absen makan pisang. Maklumlah, orangtuaku menanam sendiri pohon pisangnya. Dan kalian tahu kan? Pisang itu berbuah tidak mengenal musim. Jadi kapan saja pisangnya sudah berbuah dan tua, kita bisa menebangnya. Lalu tunggu sehari-dua hari, kulit pisang akan berubah warna kekuningan dan daging pisang mulai lunak. Itu tandanya pisang sudah bisa dikonsumsi. Bahkan terkadang, pisang langsung matang di tandannya sebelum sempat kita panen. Dan bila sudah seperti ini, tak jarang pula jadi sasaran empuk para kelelawar. Merekapun dengan senang hati menyantapnya.

Untuk jenis pisang yang sering aku konsumsi di masa kecil dulu itu adalah jenis pisang peranakan yaitu pisang yang di tanam dari anak pohon pisang tersebut. Dan sekarang semenjak aku lulus sekolah dan merantau ke Jakarta sini, aku masih suka makan pisang. Tapi sudah tidak sesering dulu seperti di kampung. Secara....,di sini aku tidak punya lahan buat menanam sendiri pisangnya...😂. Jadi kesukaanku makan pisang sudah tidak sepuas dan sesuka hati seperti waktu di kampung dulu. Di sini, kalau aku pingin makan pisang, aku langsung pergi ke minimarket terdekat. Dan di sana pasti akan aku jumpai pisang cavendish sunpride. Awalnya, aku pikir pisang cavendish sunpride itu jenis pisang import,tapi ternyata bukan. Pisang cavendish sunpride itu pisang lokal....😊. Jadi malu aku,sempat berfikiran buruk dan nggak mau beli. Tapi semenjak aku tau, kalau pisang cavendish sunpride itu pisang lokal, aku jadi makin semangat membelinya. Secara, pisangnya enak,harganya murah,dan aku ingin membantu para petani itu dengan membeli hasil panennya. Petani mana sich yang tidak senang hasil panennya di beli banyak orang??...😊. Pisang cavendish sunpride itu ditanam dikebun milik group gunung sewu yang ada di Lampung. Ini yang nggak pernah aku duga, ternyata oh ternyata pisang cavendish sunpride itu asli dari Lampung! Gak nyangka banget kan?... Hebat ya para petani Lampung,bisa menghasilkan pisang cavendish sunpride yang setara buah import, kulitnya mulus, warnanya cerah, rasanya manis, dan bentuknya juga cantik-cantik. Ckckck.... hampir semua orang gagal paham tentang hal ini. Padahal kulit pisang cavendish sunpride yang mulus itu di karenakan perawatan yang maksimal, baik mulai dari pemilihan bibitnya hingga ke pengemasannya. Dan pisang ini dikembangkan dengan metode cultur jaringan. Keunggulannya dengan kultur jaringan ini terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanaceum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense. Untuk itu pula orang-orang banyak yang mencari pisang cavendish sunpride.

Pisang sunpride ternyatapun nggak cuma di sukai orang-orang dewasa. Babykupun yang baru pertama kenal makanan, begitu aku suapin pisang sunpride, langsung doyan. Entah kenapa juga, waktu pertama aku MPASI buat putriku, langsung terbersit pisang sunpride. Tetangga dan saudarapun demikian juga, nyaraninnya pisang sunpride. Bahkan suamipun langsung mengangguk setuju. Aneh kan? Kenapa bisa langsung pada kompak bilang pisang sunpride ya? Mungkin karena semua orang sudah pada kenal, kalau ngomong pisang ya pasti sunpride. Cuss lah...aku dan suamikupun langsung borong pisang sunpride buat MPASI baby kami. Dan begitu pulang sampai rumahpun langsung aku suapin sedikit demi sedikit dan tak terasa habis 1/2 biji. Waaahhh....ini baby tau aja pisang enak...😊. Baru pertama kenal makanan aja udah langsung pilih pisang sunpride. Apalagi tambah agak besar nanti?bisa rebutan pisang sunpride nich kita. Untungnya sich, pisang sunpride gampang di cari, di minimarket-minimarket seperti alfa pasti ada. Bahkan di toko-toko buah pinggir jalan pun banyak di jumpai pisang sunpride. 

Pisang sunpride yang di jual dipasaran itu ada beberapa jenis yaitu cluster, finger dan single. Cavendish Cluster yaitu terdiri dari 3-8 fingers. Cavendish Finger yaitu terdiri dari 1-2 fingers. Dan Cavendish Single yaitu hanya 1 finger yang dikemas dalam plastik khusus yang berlubang agar bisa menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur. Dan terserah kalian bebas mau beli yang mana sesuai kebutuhan dan keuangan. Dan kalau aku sich lebih sering beli yang cluster, daripada harus bolak-balik ke minimarket karena gak kebagian rebutan pisang sama suami maupun anak. 


Untuk kalian yang ingin tau lebih detailnya tentang buah pisang cavendish sunpride, kalian bisa mengunjungi http://www.sunpride.co.id

Dan dijamin, kalian pasti ngiler lihat gambar buahnya dan juga kalian pasti jadi lebih tau banyak tentang buah tersebut, baik manfaatnya maupun detail-detail lainnya.
Cuss yuk...kita beli pisang sunpride dulu...udah laper nich, mana belum jam-nya makan lagi.


2 komentar:

  1. wah cocok gak itu kalau buat pasangan nasi box?

    Secara aku ini kan jualan nasi kotak jakarta...
    Terus harganya gimana? jangan-jangan mahal itu ya? ya gak bisa dong ditaruh di dalam nasi kotak murah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget itu klo buat pasangan nasi box, harganya gk mahal kok, sesuai lah ama hharga nasi kotak murahnya...😁

      Hapus